translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

tarhib ramadhan 2011

Istilah Tarhib Ramadhan sudah menjadi akrab di hati ummat Islam Indonesia. Setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadhan ummat menghadiri kegiatan bernama Tarhib Ramadhan. Kata tarhib berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata Marhaban. Sedangkan marhaban artinya selamat datang atau welcome. Maka Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan.

Seorang muslim perlu membangun sikap positif dalam menyambut kedatangan bulan istimewa Ramadhan. Bahkan berdasarkan sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam biasanya sejak dua bulan sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah ta’aala dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhan.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

Adalah Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam apabila memasuki bulan Rajab berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan.” (HR Ahmad 2228)


kita sbg umat muslim wajib menyambut bulan suci ramadhan dgn bahagia.menyambut bulan yang suci ini dapat di lakukan dengan berbagai cara seperti tarhib td atau seperti yang di lakukan para santri dan guru kami ini....






aduh ada-ada aja kelakuan kelakuan mereka....gak guru gak murid podo ae ( ra beres )..yang terpenting adalah bukan cara penyambutan'y tapi yg terpenting adalah bgmn cara kita memaknai bulan ramadhan yang akan datang nie.semoga di ramadhan tahun nie kita dapat lebih meningkatkan ke-imanan kita kepada 4JJ 1 swt.(amin ya robbal alamin ) .klo mau liat tarhib ramadhan yang sebener'y nie baru beneran...(cekidot)





0 komentar:

GUNZILA TERAKHIR